zsQgAzdhmPtumQuAPtdandxGZGJaQiajT5XrCluR

Lomba Cipta Menu B2SA dan Demo Masak Tingkatkan Kreatifitas Olah Pangan Lokal di Batam

Lomba Cipta Menu B2SA dan Demo Masak Tingkatkan Kreatifitas Olah Pangan Lokal di Batam
Lomba Cipta Menu B2SA dan Lomba Demo Masak Tingkat Kota Batam.

BATAM, PAKAR INFO - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Batam menyelenggarakan Lomba Cipta Menu B2SA dan Lomba Demo Masak Tingkat Kota Batam di Dataran Engku Putri, Rabu (10/07/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas dan keterampilan masyarakat dalam menyajikan menu yang beragam, bergizi seimbang dan aman, dengan memanfaatkan bahan pangan lokal.

Lomba ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd., mewakili Ketua TP PKK Kota Batam, Marlin Agustina Rudi.

Dalam sambutannya, Jefridin menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini dan berharap dapat mendorong kreatifitas masyarakat dalam mengolah bahan pangan lokal menjadi hidangan yang lezat dan menarik.

"Kota Batam memiliki potensi pangan pokok lokal yang dapat dikembangkan," kata Jefridin.

"Penganekaragaman konsumsi pangan pokok lokal sangat diperlukan untuk mendukung sektor pariwisata di Kota Batam," imbuh dia.

Bahan utama yang digunakan dalam lomba ini adalah gonggong dan sagu, dua bahan pangan lokal khas Batam.

Para peserta demo masak ditantang untuk mengolah kedua bahan tersebut menjadi hidangan yang kreatif dan inovatif.

"Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan kreatifitas peserta lomba sehingga dapat mengolah kedua bahan tersebut menjadi makanan yang digemari," tutur Jefridin.

Salah satu peserta lomba, Ani, dari Kecamatan Lubuk Baja,  mengatakan bahwa dia senang mengikuti lomba ini karena dapat belajar mengolah gonggong dengan cara yang baru.

"Biasanya gonggong hanya dimasak rebus atau bakar, tapi hari ini saya belajar cara mengolahnya menjadi nugget dan pempek," ujar Ani.

Lomba Cipta Menu B2SA dan Demo Masak Tingkat Kota Batam ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan konsumsi pangan lokal dan mendukung ketahanan pangan di Kota Batam.

Kegiatan ini diharapkan dapat menginspirasi masyarakat untuk lebih kreatif dalam mengolah bahan pangan lokal dan menjadikannya sebagai peluang usaha.

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar